BURUNG SIMPIDAN

 BURUNG SIMPIDAN

Dikenal dengan nama Latin Lophura erythropthalma merupakan burung endemik hutan Sumatera. Burung ini mempunyai ciri-ciri tubuh berukuran sedang. Jantannya memiliki panjang 47-51 cm dan betina 42-44 cm. Umumnya berwarna hitam mengkilap bercampur ungu kebiruan. Pejantan berekor pendek seperti ekor ayam betina. Warna bulu ekor kuning kecokelatan seperti warna cokelat karamel.

Pada betina tanpa warna kuning kecoklatan pada ekor. Pangkal ekor berwarna hitam. Kepala tanpa hiasan jambul namun memiliki topeng warna merah di jantan maupun betina. Sempidan merupakan jenis yang sangat sensitif terhadap kehadiran manusia maupun perubahan struktur lantai hutan.

Kelembaban lantai hutan menjadi faktor penting dalam kehidupan burung ini, hal ini tidak terlepas dari kebiasaan burung ini dalam mencari makanan dengan mengorek-ngorek lantai hutan untuk mencari buah yang jatuh, cacing maupun serangga kecil lainnya.

Sempidan merah sumatera akan menghilang jika lantai hutan mengalami kekeringan akibat hilangnya pohon-pohon besar yang menaungi lantai hutan tersebut. Jadi sangat erat kaitannya antara degradasi hutan dan hilangnya habitat sempidan merah sumatera, terutama di hutan gambut.

Hutan gambut yang menjadi habitat utama sempidan merah sumatera, dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Dari salah satu kajian mengenai hutan gambut di Sumatera, saat ini dari total keseluruhan hutan gambut di Sumatera, 80 persen sudah mengalami kerusakan dan sisanya tinggal menunggu waktu apakah tetap akan lestari atau berubah fungsi.

Hilangnya hutan gambut akan mengubah struktur lantai hutan dan berakibat hilangnya sempidan merah sumatera. Serta masih banyak perburuan liar untuk dikonsumsi  oleh masyarakat akan burung ini akhirnya burung ini mengalami kelangkaan dan terancam. Dukungan seluruh pihak agar burung ini tetap lestari dan hutan gambut Sumatera terjaga keasriannya sangat dibutuhkan.

Untuk itu Kelompok Sadar Wisata Sungai Jawi bekerjasama dengan PT Perta Samtan-Gas melakukan kegiatan penangkaran di Agrowisata Edukasi Sungai Jawi. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan  :

  1. Mengembangbiakkan burung sepidan di habitat buatan dengan tujuan melepas liarkan anakan hasil penangkaran ke hutan liar di habitatnya.

  2. Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang burung sempidan.

  3. Menjamin kehidupan burung sempidan dari buruan dan kelangkaan.


Comments

Popular Posts