Rukun Iman Beserta Maknanya

Assalamu'alaikum Warohmatullahhi Wabarokatuh
Dalam islam, kita wajib mengetahui rukun-rukun yang ada didalamnya, salah satunya Rukun Iman.
didalam Rukun Iman juga terdapat makna dari setiap rukunnya, mari simak artikel berikut ini.


Rukun Iman

1. Iman kepada Allah Subhanahu Wata'ala

2. Iman kepada para Malaikat

3. Iman kepada Kitab - Kitab Allah Subhanahu Wata'ala

4. Iman kepada Nabi dan Rasul

5. Iman kepada Hari Akhir (Kiamat)

6. Iman kepada Qada dan Qadar


Maknanya :

Iman Kepada Allah Subhanahu Wata'ala
Iman Kepada Allah Subhanahu Wata'ala merupakan rukun iman yang pertama yang memiliki makna kita meyakini bahwa tiada Tuhan lain yang layak kita sembah selain Allah SWT. dan Allah Subhanahu Wata'ala lah yang menciptakan seluruh makhluk, dan seluruh alam semesta.


Iman Kepada Para Malaikat
Iman Kepada Para Malaikat merupakan rukun iman yang kedua, yang berarti kita harus percaya bahwa malaikat itu ada dan senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk manusia.


Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Subhanahu Wata'ala
Iman Kepada Kitab-Kitab merupakan rukun iman yang ketiga yang mana kita harus meyakini jika seluruh kitab yang diturunkan kepada Nabi datangnya dari Allah Subhanahu Wata'ala, terutama Al-Qur'an.


Iman kepada Nabi dan Rasul
Iman kepada Nabi dan Rasul merupakan rukun iman yang keempat yaitu kita meyakini bahwa Nabi dan Rasul adalah utusan Allah Subhanahu Wata'ala yang diperintahkan untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman di muka bumi serta mempercayai segala ajarannya.


Iman Kepada Hari Kiamat
Iman Kepada Hari Kiamat merupakan rukun iman yang kelima yaitu meyakini dan mempercayai tanda-tanda akhir zaman dan meyakini bahwa hari akhir itu benar-benar ada, dan percaya bahwa ada kehidupan setelah kematian dimana kehidupan itu merupakan kehidupan yang kekal.


Iman Kepada Qada dan Qadar
Iman Kepada Qada dan Qadar merupakan rukun iman yang terakhir ialah kita mengimani bahwa apapun yang terjadi di muka bumi juga kepada diri kita sendri sebagai manusia, baik maupun buruk merupakan kehendak Allah Subhanahu Wata'ala.


Berikut artikel tentang Rukun Iman beserta Maknanya, semoga kita semua mendapatkan syafaat dari Allah Subhanahu Wata'ala, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua
Wassalamu'alaikum Warohmatullahhi Wabarokaatuh

Comments

Popular Posts