Rukun Islam Beserta Maknanya

Assalamu'alaikum Warohmatullahhi Wabarokatuh sebelumnya kita sudah membahas tentang Rukun Iman Beserta Maknanya, selanjutnya mari kita bahas tentang Rukun Islam.
Dalam islam, kita wajib mengetahui rukun-rukun yang ada didalamnya, salah satunya Rukun Islam. didalam Rukun Islam juga terdapat makna dari setiap rukunnya, mari simak artikel berikut ini.

Rukun Islam

1. Mengucap Dua Kalimat Syahadat

2. Mendirikan Shalat

3. Berpuasa Di Bulan Ramadhan

4. Menunaikan Zakat

5. Pergi Haji (Bagi yang Mampu)


Maknanya :

Mengucap Dua Kalimat Syahadat
Mengucapkan dua kalimat syahadat merupakan rukun islam yang pertama yang wajib hukumnya bagi seseorang yang ingin menjadi muslim, yang mana berarti tidak ada yang patut di sembah kecuali Allah Subhanahu Wata'ala, tidak ada yang lain dan Nabi Muhammad Salallahualaihiwassalam adalah utusan Allah Subhanahu Wata'ala.

Mendirikan Shalat
Mendirikan Shalat merupakan rukun islam yang ke dua yang berarti seorang muslim wajib mengerjakan Shalat 5 waktu.

Berpuasa di Bulan Ramadhan
Berpuasa di Bulan Ramadhan merupakan rukun islam yang ketiga yang berarti seorang muslim wajib menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan tujuan untuk mencapai ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wata'ala dan untuk melatih kesabaran, menumbuhkan rasa empati terhadap orang yang kelaparan sehingga kita tergerak untuk membantu orang yang kurang mampu.

Menunaikan Zakat
Menunaikan Zakat merupakan rukun islam yang keempat yang berarti seorang muslim wajib mengeluarkan zakat atau sebagian hartanya (bagi orang yang memiliki kelebihan harta)

Pergi Haji
Pergi Haji merupakan rukun islam yang terakhir yang berarti pergi ke tanah suci mekkah bagi yang mampu.

Berikut artikel tentang Rukun Islam beserta Maknanya, semoga kita semua mendapatkan syafaat dari Allah Subhanahu Wata'ala, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua
Wassalamu'alaikum Warohmatullahhi Wabarokaatuh


Baca Juga :

Comments

Popular Posts