Pemrograman Visual (Delphi)



Sejarah Delphi

    Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Kata Delphi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti kuil yang dibangun untuk menyembah Dewa Apollo, salah satu Dewa yang disegani oleh orang-orang Yunani selain Dewa-Dewa lain seperti Jupiter, Titan dan lain sebagainya. Delphi awalnya sebuah proyek penelitian rahasia di Borland yang berevolusi menjadi sebuah produk yang disebut AppBuilder. Borland sebagai pengembang perangkat lunak yang sudah ada sejak era 1980an menggunakan ikon dan nama Delphi sebagai salah satu perangkat lunak pembantu pemrograman untuk membuat program yang sudah mengarah ke Pemrograman yang berorientasi pada objek atau dikenal dengan istilah OOP (Object Oriented Programming). Salah satu tujuan asli dari Delphi adalah untuk menyediakan konektivitas database untuk programmer sebagai kunci dan sebuah paket database yang populer pada saat itu adalah database Oracle, maka “Jika Anda ingin berbicara dengan Oracle, lakukan dengan Delphi”.

    Sejarah munculnya delphi dimulai dengan ide brilian Prof. Niclaus Wirth yang mengemukakan paparan tentang Struktur Data dan Algoritma (Algorthm and Data Structure). Prof. Niklaus Wirth menerjemahkan paparan ini yang kemudian dikristalisasi ke dalam bahasa yang populer dan digunakan pertama kalinya sebagai bahasa yang berorientasi pada hal-hal yang Science dan Ilmiah yaitu Pascal. Pascal sendiri kemudian distandarisasi ke dalam ANSI PASCAL (Pascal umum) oleh badan standarisasi Amerika Serikat (ANSI). Kemudian, 20 Nopember 1983, Borland melakukan riset untuk menerjemahkan ide dari kristalisasi ANSI Pascal (Pascal yang distandarisasi) yang kemudian menelurkan compiler Pascal ke dalam pengembangan perangkat lunaknya yaitu Turbo Pascal 1.0. Turbo Pascal 1.0 berjalan pada sistem operasi PC/MS DOS dengan keterabatasan memory yang saat itu bias berjalan pada ukuran 1 Mbyte saja. Dari penemuan Turbo Pascal inilah akhirnya Delphi diciptakan.

    Pada November 2006, Borland mengumumkan keputusan untuk memisahkan Developer Tools Group menjadi milik anak perusahaan yang sepenuhnya berfokus pada produktivitas pengembang memaksimalkan pengembangan Delphi yang diberi nama CodeGear. Pada Mei 2008, Embarcadero Technologies telah menandatangani perjanjian jual beli untuk membeli CodeGear dari Borland. Embarcadero dan CodeGear diharapkan untuk menciptakan terbesar di dunia, penyedia perangkat lunak independen alat pengembangan dan database. Embarcadero sendiri adalah sebuah perusahaan swasta yang dikuasai, memberikan alat-alat database yang profesional perusahaan menggunakan untuk merancang, mengembangkan dan mengelola database. Produk mencakup: ER / Studio, DBArtisan, Rapid SQL dan Perubahan Manager.

    Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft.NET framework. Khusus untuk pemrogaman database, Borland Delphi menyediakan fasilitas obyek yang kuat dan lengkap yang memudahkan programmer membuat program untuk aplikasi database. Format database yang dimiliki Delphi yaitu format database Paradox, dBase, MS Access, ODBC, SyBASE, Oracle dan lain-lain Delphi adalah kompiler / penterjemah bahasa Delphi (awalnya dari Pascal) yang merupakan bahasa tingkat tinggi sekelas dengan Basic dan C. Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa prosedural artinya bahasa/sintaknya mengikuti urutan tertentu / prosedur.Ada jenis pemrograman non-prosedural seperti pemrograman untuk kecerdasan buatan seperti bahasa Prolog.Delphi termasuk Keluarga Visual sekelas Visual Basic, Visual C, artinya perintah -perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual.Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan kedalam Form/Window, lalu tingkah laku objek tersebut saat menerima event/aksi tinggal dibuat programnya.Delphi merupakan bahasa berorentasi objek, artinya nama objek, properti dan methode/procedure dikemas menjadi satu kemasan (encapsulate).


Perkembangan Delphi


BORLAND DELPHI
Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Selain itu, Delphi juga memberikan fasilitas pembuatan aplikasi visual. Delphi merupakan pilihan dalam pembuatan aplikasi visual karena memberikan produktivitas yang tinggi.

Borland Delphi 1
Delphi 1 dirilis pada 1995 untuk 16-bit Windows 3.1 dan merupakan contoh awal dari apa yang kemudian dikenal sebagai Rapid Application Development (RAD) alat. Delphi 1 adalah penerus Turbo Pascal dan Borland Pascal, sangat cepat sedikit kode asli kompiler-16 dengan canggih perusahaan memiliki lintegrated development environment(IDE) dan toolkit antarmuka pengguna grafis untuk DOS (Borland Pascal ditambah Windows IDE dan kode generasi Windows juga) . Seperti Turbo Pascal, Delphi kode ditulis dalam dialek bahasa pemrograman Pascal yang dikenal sebagai Object Pascal .

Borland Delphi 2
Delphi 2, dirilis pada 1996 , didukung 32-bit lingkungan Windows. Ini termasuk Delphi 1 dibundel bersama-sama untuk menciptakan 16-bit 3.1 aplikasi Windows.

Borland Delphi 3
Delphi 3, dirilis pada 1997 , adalah Delphi klasik. Hal ini didukung 32-bit lingkungan Windows. Ini juga termasuk Delphi 1 dibundel bersama-sama untuk menciptakan 16-bit 3.1 aplikasi Windows.

Borland Delphi 4
Borland Delphi 4 dirilis pada 1998 .

Borland Delphi 5
Borland Delphi 5 dirilis pada 1999 .

Kylix
    Pada tahun 2001 sebuah versi Linux dari Delphi, bernama Kylix , dirilis. IDE adalah tergantung pada Wine perpustakaan bukan asli sistem perpustakaan Linux (glibc) untuk mendapatkan produk keluar dengan cepat dan relatif murah. Biaya pengembangan versi glibc Kylix asli, dikombinasikan dengan kurangnya adopsi Linux di kalangan programmer pada saat itu, menyebabkan penjualan untuk pergi lembut, dan Kylix diam-diam ditinggalkan setelah versi 3. Ini adalah usaha pertama untuk menambahkan dukungan Linux dalam keluarga produk Delphi. Kylix didasarkan pada kerangka lintas-platform baru CLX, VCL bukan sebagai Delphi.

Borland Delphi 6
    Upaya untuk mendukung Linux dan Windows untuk-platform pengembangan lintas dibuat, dan sebuah-platform alternatif yang menyeberang ke VCL dikenal sebagai CLX dikirim pada 2002 dengan merilis Delphi 6. Ini adalah upaya kedua untuk menambahkan Linux dengan keluarga produk Delphi (lihat Kylix di atas).
    Delphi 6 termasuk versi CLX sama (CLX 1) sebagai versi pertama dari Kylix disebutkan di atas. Sejak CLX dibuat sebelum Delphi 6, set fitur yang didasarkan pada VCL 5; yang menciptakan beberapa kerugian bagi CLX yang tidak memiliki beberapa fitur dibandingkan dengan VCL 6 dikirimkan dengan Delphi 6.

Borland Delphi 7
    Delphi 7, dirilis pada bulan Agustus 2002, menjadi versi standar yang digunakan oleh pengembang Delphi lebih dari versi tunggal lainnya. Ini adalah salah satu keberhasilan paling IDE yang diciptakan oleh Borland karena kecepatan, yang stabilitas dan persyaratan perangkat keras rendah dan masih aktif digunakan untuk tanggal ini (2009). Delphi 7 menambahkan dukungan untuk Windows Theme XP, dan menambahkan lebih banyak dukungan untuk membangun aplikasi Web. Ini juga merupakan versi terakhir dari Delphi yang dapat digunakan tanpa aktivasi.

Borland Delphi 8
    Delphi 8, dirilis Desember 2003 , hanya merilis-yang memungkinkan para pengembang untuk mengkompilasi kode Delphi Object Pascal ke bersih . IDE ditulis ulang untuk mengakomodasi untuk pengembangan bersih. IDE berubah menjadi antarmuka merapat mirip dengan Microsoft Visual Studio.NET. Delphi 8 sangat dikritik untuk kualitas rendah dan fakta yang tidak mungkin lagi untuk membuat aplikasi asli (*. exe). Ketidakmampuan untuk menghasilkan aplikasi asli hanya berlaku untuk rilis ini, seperti kemampuan ditambahkan kembali ke rilis berikutnya (Delphi 2005).


Borland Delphi 2005
    Versi berikutnya, Delphi 2005 (Delphi 9, juga Borland Developer Studio 3.0), termasuk Win32 dan pengembangan NET. Dalam IDE tunggal, Borland mengulangi komitmen untuk pengembang Win32. Delphi 2005 meliputi manipulasi desain-waktu data langsung dari database. Namun, itu dikritik oleh beberapa untuk bug tersebut; baik Delphi 8 dan Delphi 2005 memiliki masalah stabilitas ketika dikirim, yang hanya sebagian diselesaikan dalam paket layanan. Kemampuan untuk mengkompilasi aplikasi asli windows (*. exe) ditambahkan kembali ke Delphi 2005 setelah dihapus dalam Delphi 8.

Borland Delphi 2006
  Pada akhir 2005 2.006 Delphi (Delphi 10, Borland Developer Studio 4.0) dirilis dan gabungan pengembangan C # dan Delphi.NET, Delphi Win32 dan C + + (Pratinjau ketika ia dikirim tapi punya stabil dalam Service Pack 1) ke dalam IDE tunggal. Ini jauh lebih stabil daripada Delphi 8 atau Delphi 2005 ketika dikirim, dan ditingkatkan bahkan lebih dengan merilis service pack dan hotfix beberapa. CLX dukungan dijatuhkan untuk aplikasi baru dari rilis ini dan seterusnya.
Pada tanggal 8 Februari 2006 Borland mengumumkan bahwa mereka sedang mencari pembeli untuk IDE dan lini produk database, yang mencakup Delphi, untuk berkonsentrasi pada perusahaan ALM baris. Pada tanggal 6 September 2006 Developer Tools Group (nama kerja belum berputar perusahaan) Borland Software Corporation merilis versi bahasa tunggal Borland Developer Studio, membawa kembali nama Turbo populer. Rangkaian produk meliputi Turbo Turbo Delphi untuk Win32, Turbo Delphi untuk. NET, Turbo C + +, dan Turbo C #. Setiap versi tersedia dalam dua edisi: Explorer-gratis dan download versi-Professional-a-harga (US $ 899 untuk baru, pengguna US $ 399 untuk update) versi yang lebih rendah yang membuka akses ke ribuan komponen pihak ketiga. Tidak seperti sebelumnya edisi Pribadi dari Delphi, baru edisi Explorer dapat digunakan untuk pengembangan komersial.
Pada November 14, 2006 Borland mengumumkan bahwa daripada menjual alat-alat pengembangan kelompok itu akan spin it off menjadi anak perusahaan mandiri bernama CodeGear .

Codegear Delphi 2007
    Delphi 2007 (Delphi 11), versi pertama oleh CodeGear, dirilis pada tanggal 16 Maret 2007. Kepribadian Win32 dirilis pertama kali, sebelum kepribadian BERSIH Delphi 2007 yang didasarkan pada NET Framework. 2.0. Dirilis sebagai bagian dari produk CodeGear RAD Studio 2007. Fitur baru termasuk dukungan untuk MS Membangun dan perangkat tambahan ke Visual Component Library untuk Windows Vista, tapi C # Builder fitur dijatuhkan dalam rilis ini sebagai tempat penjualan tidak setinggi yang diharapkan karena Visual Studio juga menawarkan C #. NET juga dijatuhkan di D2007 karena didasarkan atas bagian dari kerangka NET API. Yang telah berubah begitu drastis oleh Microsoft pada NET 2.0. Bahwa update IDE akan menjadi usaha besar. NET digantikan oleh Delphi Prism , kombinasi yang kompatibel RemObjects sebagian besar kompiler Delphi. NET, Visual Studio Microsofts Shell (versi tanpa C # dan dukungan VB) dan beberapa teknologi Embarcadero seperti dbExpress. Prism adalah cross platform sejauh mampu karena mendukung Mono. Delphi 2007 juga memperkenalkan DBX4 sebagai versi berikutnya dbExpress. 
    Untuk pertama kalinya Delphi bisa di-download dari Internet dan diaktifkan dengan kunci lisensi, kemampuan didukung oleh baru InstallAware teknologi instalasi (sendiri ditulis dalam Delphi, dan sekarang pengiriman dalam terbatas, edisi bebas di dalam kotak dengan Delphi). versi internasionalisasi dari Delphi 2007 dikirim secara bersamaan di Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang. RAD Studio 2007 (kode nama Highlander), yang meliputi NET dan. C + + pengembangan Builder, dirilis pada tanggal 5 September 2007.
    Borland CodeGear dijual untuk Embarcadero Technologies pada tahun 2008. Embarcadero adalah mempertahankan pembagian CodeGear diciptakan oleh Borland untuk mengidentifikasi alat dan persembahan database, dan Embarcadero telah memutuskan untuk mengidentifikasi alat-alat sendiri database di bawah moniker DatabaseGear.

Embarcadero Delphi 2009
    Delphi 2009 (Delphi 12, kode nama Tiburon), menambahkan banyak fitur baru seperti sepenuhnya ulang dengan VCL dan RTL untuk dukungan Unicode penuh, dan menambahkan generik dan metode anonim untuk pengembangan asli Win32. Dukungan untuk pengembangan NET adalah. Dijatuhkan dari IDE Delphi. Sebuah produk baru, Delphi Prism, adalah ditawarkan untuk pembangunan NET. Di tempatnya. Delphi Prism adalah Visual Studio bahasa plug-in, dan tidak termasuk RTL atau VCL untuk porting kode.

Embarcadero Delphi 2010
    Delphi 2010 (Delphi alias 14, dengan kode nama Weaver, nomor 13 itu diabaikan), dirilis pada tanggal 25 Agustus 2009 dan merupakan rilis Unicode kedua Delphi. Ini termasuk compiler baru sistem bisa menghentikan , dukungan untuk Windows 7 2D langsung, layar sentuh dan gerakan, sebuah formatter kode sumber, visualizers debugger dan pilihan untuk juga memiliki komponen palet gaya lama dalam IDE. Sistem bisa menghentikan baru membuat executable lebih besar dari versi sebelumnya.

Embarcadero Delphi XE
    Versi terbaru dari Delphi, Delphi XE (alias Delphi 2011 [9] , dengan kode nama Fulcrum), dirilis pada tanggal 30 Agustus 2010.

Kelebihan Delphi 
    Delphi merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi karena sudah berbasis grafis. Bahasa pemrograman berbasis grafis banyak digemari seorang programer karena lebih mudah dimengerti dan dapat berkreasi dengan tampilan. Diantara bahasa pemrograman berbasis grafis yang ada, delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mempunyai / lebih unggul dalam hal componen. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan componentnya yang sudah bisa dihubungkan dengan internet. Berikut akan diberikan sedikit penjelasan tentang kelebihan bahasa pemrograman delphi. 
Sebagaimana yang kita tahu, delphi sangat berguna untuk pembuatan suatu program, tepapi lebih spesifik lagi bahwa kegunaan delphi ternyata sangatlah banyak, diantaranya: 

  • Untuk membuat aplikasi pada Windows.
  • Untuk merancang aplikasi berbasis grafis.
  • Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server).
  • Untuk merancang program .Net (berbasis internet).


Setelah berbagai macam kegunaannya sudah kita ketahui, sekarang akan di perjelas untuk kelebihan dari pemrograman delphi yang biasa digunakan untuk membuat suatu program, diantaranya :

1.     Memiliki IDE (integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan terintegrasi yang didalamnya terdapat menu-menu yang memudahkan programmer untuk membuat sebuah program aplikasi.

2.     Proses kompilasi cepat, pada saat program dijalankan, secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.

3.     Mudah digunakan, karena source code Delphi merupakan turunan dari bahasa pemrograman Pascal.

4.     Bersifat multi purpose, artinya bahasa pemrograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.

5.     Dapat mengkompilasi menjadi single executable, memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning.


1.3 Tipe Data 
    Salah satu komponen utama program adalah variabel. Variabel adalah objek di mana informasi dinamis disimpan. Ketika Anda menuliskan nama Anda saat hendak membuat account baru atau proses login ke website, nama yang Anda masukkan akan disimpan dalam variabel sebelum diproses lebih lanjut. 

    Tidak semua variabel memiliki karakteristik yang sama. Informasi yang dapat disimpan oleh variabel ditentukan berdasarkan jenis atau tipe data variabel terebut. Terdapat berbagai jenis tipe data dalam setiap bahasa pemrograman. Namun, kali ini kita akan melihat beberapa jenis tipe data yang umumnya ada pada hampir seluruh bahasa pemrograman. Tipe-tipe data tersebut antara lain sebagai berikut : 

Tipe data Karakter (character/char) 
    Jenis tipe data ini hanya memungkinkan sebuah variabel menyimpan informasi sebuah single karakter, seperti huruf “P”,, “c”, “7”, atau “@”. 

Tipe data String 
    Tipe data string ini memungkinkan variabel menyimpan informasi untaian karakter, seperti kata atau kalimat. Dalam contoh sebelumnya, nama yang Anda gunakan pada web form, informasi tersebut akan disimpan dalam variabel bertipe data string. 

Tipe data Integer (int) 
    Jenis tipe data integer digunakan jika ingin menyimpan informasi angka (bilangan bulat) dalam variabel, tetapi bukan bilangan pecahan. Hal ini berarti nilai “7” akan menjadi nilai integer yang valid. 

Tipe data Floating Point Number (float) 
    Jika Anda bermaksud menyimpan informasi angka dengan format pecahan atau angka desimal, floating point adalah jenis tipe data yang sesuai. Angka “65,00” secara teknis merupakan nilai bertipe floating point meskipun nilai tersebut juga dapat direpresentasikan sebagai nilai “65”. Jenis tipe data ini membutuhkan ukuran memory yang lebih besar dibandingkan jenis tipe data angka integer. 

Tipe data Boolean (bool) 
    Jenis tipe data ini biasanya digunakan hanya untuk merepresentasikan dua kondisi, yakni nilai TRUE dan FALSE atau daatberarti bernilai 1 dan 0 atau kondisi ON dan OFF. Jenis tipe data ini merupakan jenis yang paling sederhana, teapi cukup sering digunakan dalam setiap pemrograman. 

Tipe data Array 
    Jenis tipe data aray sering disebut juga sebagai tipe data larik. Tipe data ini pada dasarnya merupakan kumpulan sejumlah variabel bertipe data sama dengan ukuran tertentu, yang tersusun secara runtun. Ada beragam variasi dari tipe data array, bergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan. Sebagai contoh, nilai “1”, “2”, “3”, “4”, dan “5” dapat Anda simpan ke dalam variabel bertipe data array dengan ukuran aray “5” (5 buah nilai, mulai dari 1 sampai dengan 5) yang memiliki kumpulan nilai bertipe integer atau secar sederhana dapat dikatakan array of integer values. 
Setiap variabel yang terdapat dalam array dapat diakses dengan menggunakan komponen indeks dari tiap-tiap variabel trseut. Namun, perlu Anda ketahui bahwa variabel pertama yang ada dalam array bukan memiliki indeks 1, melainkan indeks 0. Menyimpan nilai-nilai tersebut ke dalam variabel bertipe data array akan memudahkan kit untuk melakukan manipulasi terhadap setiap data yang ada dalam array tersebut. perlu diketahui bahwa jenis tipe data string sebenarnya merupakan kumpulan variabel bertipe karakter atau bisa dikatakan array of characters. 


1.4 Variabel, Operator pada Delphi 
    Variabel adalah objek di mana informasi dinamis disimpan. Ketika Anda menuliskan nama Anda saat hendak membuat account baru atau proses login ke website, nama yang Anda masukkan akan disimpan dalam variabel sebelum diproses lebih lanjut. 
Deklarasi variabel adalah tanda pengenal dalam Delphi yang mempunyai nilai yang selalu berubah selama proses berjalan. Devinisi variabel diawali dengan kata baku Var diikuti dengan kumpulan identifier yang diikuti dengan tipe data yang dibutuhkan. 

Variabel berfungsi untuk menyimpan data. 

Pendeklarasian variabel sebagai berikut: 

Var nama_variabel : tipe_variabel 


Contoh: 

Var a : integer; 


Aturan yang harus diikuti dalam menuliskan nama variabel: 


1. Panjang penulisan nama variabel maksimum terdiri dari 63 karakter. Jika melebihi ketentuan maka         kompiler akan mengabaikan penulisan karakter berikutnya. 
2. Penulisan nama variabel hanya terdiri dari huruf, angka, garis bawah. 
3. Penulisan nama variabel tidak boleh diawali dengan angka, hanya dengan huruf atau garis bawah. 
4. Nama variabel tidak boleh merupakan sebuah kata kunci milik Delphi seperti case, if, while, end, dan     lain-lain. 
5. Nama variabel tidak boleh mengandung karakter yang dipakai untuk operator, seperti (, ), +, -, *, /, <,     >, :, ;, dan lain-lain. 


Delphi menyediakan berbagai operator dengan urutan atau derajat proses pelaksanaan yang berbeda untuk beberapa operator dengan urutan atau derajat proses pelaksanaan yang berbeda untuk beberapa operator yang dilibatkan pada suatu proses. 


Tabel derajat proses pengolahan data yang dimiliki Delphi: 

1. Operator Assignment, Assignment atau operator fungsi dituliskan dengan bentuk ‘:=‘ (titik dua sama dengan) dan berfungsi untuk memasukkan suatu nilai data ke dalam sebuah variabel, dengan bentuk penulisan: 

Nama Variabel := Ekspresi; 

Contoh: 

Harga := 500; 

Jumlah := 20; 

Total := Harga * Jumlah; 



2. Operator Aritmatika, Berikut ini adalah tabel operator aritmatika yang dapat digunakan untuk mendukung operasi aritmatika: 

Untuk operasi perpangkatan dapat menggunakan rumus sebagai berikut: 

ab = exp(b * In(a)) 

Contoh: 

angka1 := 5; 

angka2 := 2; 

Hasil1 := exp(angka1*In(angka2)); {hasil 25} 

Hasil2 := exp(angka2*In(angka1)); {hasil 32} 



3. Operator Relasi, Opertor relasi berfungsi untuk membandingkan suatu nilai (ekspresi) dengan nilai lain yang akan menghasilkan suatu nilai logika (boolean) yaitu True atau False. 
Kedua data nilai yang dibandingkan tersebut harus memiliki tipe data yang sama. Tabel operator relasi yang disediakan Delphi: 

Contoh: 

X := 21+9>20; {menghasilkan true} 

X := 21-9>20; {menghasilkan false} 


4. Operator Logika 

Operator logika dibagi menjadi dua kelompok. 

a. Operator bit berhubungan dengan pergeseran atau perbandingan pada level bit. 
b. Operator Boolean, digunakan untuk menyatakan satu atau lebih data atau ekspresi logika yang akan        menghasilkan nilai logika (boolean) yang baru True atau False. 

Operator logika And hanya akan menghasilkan nilai True jika lebih dari satu ekspresi yang menggunakan operator And bernilai True. Apabila ada satu ekspresi atau lebih bernilai False maka operator logika And akan menghasilkan nilai False. 
Contoh: 

X:= (21>9) And (19<71); {hasil X = True} 


Operator logika Or akan menghasilkan nilai True jika salah satu atau seluruh ekspresi yang menggunakan operator Or bernilai True. Operator Or hanya akan bernilai False jika semua ekspresi yang menggunakan operator Or bernilai False. 
Contoh: 

X:= (21>9) Or (19<71); {hasil X = True} 

X:= (21<9) Or (19>71); {hasil X = False} 

 

Operator logika Not merupakan operator yang menyatakan kondisi kebalikan dari suatu ekspresi. 
Contoh: 

X:= Not(21>9); {hasil X = False} 


Operator logika Xor akan menghasilkan nilai True jika ekspresi yang terletak di kiri operator Xor berbeda dengan ekspresi sebelah kanannya. Operator Xor hampir memiliki fungsi yang sama dengan operator tidak sama dengan. 
Contoh: 

X:= (9<21) Xor (19<71); {hasil X = False} 

X:= (9<21) Or (19>71); {hasil X = True} 




PERKENALAN DELPHI 

    Delphi merupakan suatu bahasa pemrograman (development language) yang berbasis pascal dan digunakan untuk merancang suatu aplikasi program. Tentunya dalam aplikasi delphi banyak sekali properties dan juga beberapa item fungsi yang mendukung program tersebut untuk membuat aplikasi yang dapat berfungsi dengan sempurna. Kali ini akan di kenalkan beberapa fungsi kegunaan item-item yang terdapat pada delphi. Jendela IDE Delphi mempunyai perangkat-perangkat yang dapat dipergunakan untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat program. Secara default , Borland telah mengatur letak perangkat-perangkat sedemikian rupa, perangkat-perangkat tersebut diantaranya : 

1. Menu 
Menu pada Delphi memiliki kegunaan seperti menu pada aplikasi Windows lainnya. Dari menu ini programmer dapat memanggil, menyimpan program, menjalankan program, meremove komponen atau menambahkan komponen baru dan lain sebagainya. Singkatnya segala sesuatu yang berhubungan dengan IDE Delphi dapat Anda lakukan dari menu. 

2. Speed Bar 
Speed Bar atau yang sering juga disebut toolbar berisi kumpulan tombol yang tidak lain adalah pengganti beberapa item menu yang sering digunakan. Dengan kata lain, setiap tombol pada Speed Bar menggantikan salah satu item menu. Sebagai contoh, tombol kiri atas adalah pengganti File New , tombol disebelah kanannya adalah pengganti menuFile Open , dan seterusnya. 

3. Component Palette 
Component Palette berisi kumpulan icon yang melambangkan komponen-komponen pada VCL ( Visual Component Library ). VCL adalah merupakan pustaka komponen yang dengannya Anda dapat membangun sebuah aplikasi. Pada Component Palette , terdapat beberapa tab, yaitu Standard , Additionals , Data Access , Data Controls dan lain sebagainya. 

4. Object TreeView 
Object TreeView berisi struktur pohon yang menampilkan semua nama komponen yang telah Anda letakkan pada form designer atau biasa juga disebut dengan hirarki seperti pada Windows Explorer . 

5. Object Inspector 
Object Inspector digunakan untuk mengubah karakteristik dari sebuah komponen. Ada dua tab pada Object Inspector , yaitu Properties dan Events . Pada tab Properties Anda dapat mengubah nilai dari beberapa komponen yang telah diletakkan pada form , sedangkan tab Eventsdigunakan untuk menyisipkan kode untuk menangani kejadian tertentu. Kejadian dapat dibangkitkan karena bebarapa hal, seperti pengklikan mouse, penekanan tombol keyboard, penutupan jendela dan lain sebagainya. 

6. Form Designer 
Form Designer merupakan tempat dimana programmer dapat merancang jendela aplikasi atau tempat untuk desain interface dari aplikasi Windows . Desain form dilakukan dengan cara meletakkan komponen-komponen yang diambil dari Component Palette . 

7. Code Editor 
Code Editor adalah tempat dimana programmer menuliskan kode program yang pernyataan-pernyataannya dalam bahasa Object Pascal . Hal utama yang perlu diperhatikan dalam Code Editor adalah Anda tidak perlu menuliskan seluruh kode sumber karena Delphi telah menuliskan semacam kerangka sumber. 

    2.1 Label 
Komponen ini hanya digunakan untuk menambahkan teks di dalam form. 

    2.2 Edit 
Komponen yang digunakan untuk menerima satu baris teks yang merupakan data input pemakai. Komponen ini juga dapat digunakan untuk menampilkan teks. 

    2.3 Button 
Komponen yang dipakai untuk membuat button yang akan dipakai untuk memilih pilihan di dalam aplikasi. Jika mengklik komponen button tersebut maka suatu perintah atau kejadian akan dijalankan. 

    2.4 Check Box 
Komponen yang digunakan untuk memilih atau membatalkan suatu pilihan, yaitu dengan cara mengklik komponen. 

    2.5 Radio Button 
Komponen yang digunakan untuk memberikan sekelompok pilihan dan hanya ada satu pilihan yang dapat dipilih. Untuk memilih salah satu pilihan adalah dengan mengklik tombol pilihan yang diinginkan. 

    2.6 Memo 
Komponen Memo dipakai untuk memasukkan atau menapilkan beberapa baris teks di dalam form. 

    2.7 Combo Box 
Komponen yang digunakan untuk membuat sebuah daftar pilihan, dimana hanya ada satu pilihan yang dapat dipilih. Untuk mencari dan kemudian memilih salah satu pilihan yang terdapat di dalam daftar dapat menggunakan mengklik tombol drop down. 

    2.8 List Box 
Komponen yang digunakan untuk membuat sebuah daftar pilihan, dimana hanya ada satu pilihan yang dapat dipilih. Untuk mencari dan kemudian memilih salah satu pilihan yang terdapat di dalam daftar dapat menggunakan batang penggulung. 



PEMILIHAN 
    Pada beberapa kasus terkadang kita menginginkan komputer melakukan suatu aksi tertentu bila suatu kondisi terpenuhi. Keberadaan perintah bersyarat pada suatu program memberikan pencabangan proses seperti ditunjukkan oleh Error! Not a valid link.. Bahasa Delphi menyediakan dua cara penyajian perintah bersyarat, yaitu If…Then…Else dan Case…of. Pada prinsipnya pemilihan aksi dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian : 
    

    1. Pemilihan 1 pilihan/kasus. Gunakan perintah IF – THEN 
    2. Pemilihan 2 pilihan/kasus. Gunakan perintah IF – THEN – ELSE 
    3. Pemilihan N pilihan/kasus. Gunakan Case – of (Catatan sebenarnya dapat menggunakan if— then         – else bersarang.) 

 

3.1 IF .. THEN 
Perintah percabangan If…Then…Else adalah suatu perintah yang berfungsi untuk mengambil keputusan dari beberapa kondisi. Bentuk percabangan ini biasanya digunakan untuk kondisi yang jumlahnya tidak terlalu banyak.IF … THEN : Pemilihan 1 kasusPerintah bersyarat If – then digunakan hanya untuk melakukan 1 aksi bila kondisi dipenuhi.Bentuk sintaks dari perintah bersyarat ini adalah: 
If then 
Begin 
... {aksi-1} 
end; 


IF … THEN … ELSE : Pemilihan 2 kasus 
Perintah bersyarat If…then…else umumnya digunakan untuk melakukan pencabangan sederhana (antara 2 atau 3 cabang). Atau untuk pencabangan yang banyak, dimana kondisi yang menjadi prasyaratnya melibatkan lebih dari satu parameter. Bentuk sintaks dari perintah bersyarat ini adalah: 
If then 
Begin 
... {aksi-1} 
end 
else 
Begin 
... {aksi-2} 
end; 


IF … THEN … ELSE : Pemilihan N kasus 


If then 
Begin 
... {aksi-1} 
end 
else If then 
Begin 
... {aksi-2} 
end 
else 
Begin 
... {aksi-3} 
End; 



3.2 CASE OF.. 
    Perintah bersyarat Case umumnya digunakan untuk kondisi dengan banyak pencabangan. 
Syarat pencabangan pada bentuk ini hanya boleh melibatkan satu buah parameter dengan tipe data bukan Real. Pemeriksaan kondisi di sini lebih tepat disebutkan dalam hubungan relasi sama dengan (=). Dengan demikian bila parameter bernilai tertentu maka dilakukan suatu aksi terkait, bila bernilai lain maka dilakukan aksi yang lain juga, demikian seterusnya. 
Case <Parameter> Of 
<nilai_1> : <aksi_1> ; 
<nilai_2> : <aksi_2> ; 
... 
<nilai_n> : <aksi_n> ; 
Else <aksi_n+1> ; 
End; 


PENGULANGAN 
Perulangan adalah suatu cara untuk mengulang satu atau sekumpulan perintah sampai mencapai kondisi tertentu. 

4.1 For To Do.. 
    Perulangan ini berjalan dengan menggunakan suatu variabel counter yang akan bertambah secara otomatis ketika perintah yang diulang telah selesai dikerjakan.Bentuk umum dari perulangan ini adalah : 
For counter := nilai awal To Nilai akhir Do 
Begin 
Perintah; 
Perintah; 
End; 

4.2 While Do... 
    Perulangan ini mirip dengan perulangan Repeat Until tetapi pengecekannya berada di awal sebelum melakukan proses yang berulang. Perulangan ini berjalan selama kondisi pengecekan bernilai true. Jika kondisi telah mempunyai nilai false maka perulangan tidak dilakukan lagi. 
Bentuk umum dari While Do adalah seperti berikut : 
While kondisi do 
Begin 
Perintah; 
Perintah; 
End; 


4.3 Repeat .. Until .. 
    Perulangan ini bekerja sampai kondisi yang diinginkan tercapai. Perulangan ini bisa digunakan sebagai perulangan yang menggunakan banyak kondisi keluar (multi condition loop). 
Bentuk umum : 
Repeat 
Perintah; 
Perintah; 
Until Kondisi; 


KESIMPULAN 
    Sebuah proyek adalah sekumpulan file yang diperlukan untuk membangun sebuah aplikasi. Beberapa file ini akan dibuat pada saat proses mendesain aplikasi, sedangkan beberapa lainnya dibuat saat proses kompilasi source code. Sebuah proyek Delphi akan terdiri dari berberapa file. Ada file yang menyimpan program dan ada file lain yang menyimpan binari, gambar. Karena setiap aplikasi terdiri dari beberapa file. Sangat disarankan agar menyimpan sebuah aplikasi pada sebuah folder.

 Soal & Jawaban 


1. Jelaskan dengan singkat apa yang di maksud dengan Bahasa Pemrograman Delphi ? 
Jawab : Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. 

2. Dari segi “bahasa” apakah artinya Delphi ? 
Jawab : Kata Delphi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti kuil yang dibangun untuk menyembah Dewa Apollo. 

3. Ceritakan secara singkat tetang sejarah Delphi ? 
Jawab : Delphi awalnya sebuah proyek penelitian rahasia di Borland yang berevolusi menjadi sebuah produk yang disebut AppBuilder. Borland sebagai pengembang perangkat lunak yang sudah ada sejak era 1980an menggunakan ikon dan nama Delphi sebagai salah satu perangkat lunak pembantu pemrograman untuk membuat program yang sudah mengarah ke Pemrograman yang berorientasi pada objek atau dikenal dengan istilah OOP (Object Oriented Programming). Salah satu tujuan asli dari Delphi adalah untuk menyediakan konektivitas database untuk programmer sebagai kunci dan sebuah paket database yang populer pada saat itu adalah database Oracle, maka “Jika Anda ingin berbicara dengan Oracle, lakukan dengan Delphi”. 

4. Atas ide siapakah sehingga Delphi menjadi ada ? 
Jawab : Sejarah munculnya delphi dimulai dengan ide brilian Prof. Niclaus Wirth yang mengemukakan paparan tentang Struktur Data dan Algoritma (Algorthm and Data Structure). 

5. Pada bulan dan tahun apa, Borland mengumumkan keputusan untuk memisahkan Developer Tools Group menjadi milik anak perusahaan yg memfokuskan untuk perkembangan Delphi ? 
Jawab : Pada November 2006. 

6. Pada bulan dan tahun apa, Embarcadero Technologies menandatangani perjanjian jual beli untuk membeli CodeGear dari Borland ? 
Jawab : Pada Mei 2008 

7. Siapakah yang dimaksud “Embarcadero” itu ? 
Jawab : Embarcadero sendiri adalah sebuah perusahaan swasta yang dikuasai, memberikan alat-alat database yang profesional perusahaan menggunakan untuk merancang, mengembangkan dan mengelola database. Produk mencakup: ER / Studio, DBArtisan, Rapid SQL dan Perubahan Manager. 

8. Selain dikenal sebagai “Bahasa Delphi”, Delphi juga di kenal sebagai ? 
Jawab : Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft.NET framework 

9. Sebutkan format database yang dimiliki oleh Delphi ? 
Jawab : Format database yang dimiliki Delphi yaitu format database Paradox, dBase, MS Access, ODBC, SyBASE, Oracle. 

10. Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa prosedural, apa artinya ? 
Jawab : Bahasa Pemrograman di Delphi disebut bahasa prosedural artinya bahasa/sintaknya mengikuti urutan tertentu / prosedur. 

11. Apakah yang di maksud dengan “Bahasa Prolog” pada Delphi ? 
Jawab : Bahasa Prolog adalah pemrograman non-prosedural seperti pemrograman untuk kecerdasan buatan. 

12. “Delphi termasuk Keluarga Visual sekelas Visual Basic, Visual C”, apa maksudnya ? 
Jawab : Maksudnya adalah artinya perintah -perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual 

13. Apakah arti dari “Delphi merupakan bahasa berorentasi objek” ? 
Jawab : Artinya nama objek, properti dan methode/procedure dikemas menjadi satu kemasan (encapsulate). 

14. Jelaskan secara singkat, apa yang anda ketahui tentang Borland Delphi ? 
Jawab : Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Selain itu, Delphi juga memberikan fasilitas pembuatan aplikasi visual. Delphi merupakan pilihan dalam pembuatan aplikasi visual karena memberikan produktivitas yang tinggi. 

15. Jelaskan secara singkat, kapan Borland Delphi 1 dirilis ? 
Jawab : Borland Delphi 1 dirilis pada 1995 untuk 16-bit Windows 3.1 dan merupakan contoh awal dari apa yang kemudian dikenal sebagai Rapid Application Development (RAD). 

16. Jelaskan secara singkat, kapan Borland Delphi 2 dirilis ? 
Jawab : Borland Delphi 2, dirilis pada 1996 , didukung 32-bit lingkungan Windows. Ini termasuk Delphi 1 dibundel bersama-sama untuk menciptakan 16-bit 3.1 aplikasi Windows. 

17. Jelaskan secara singkat, kapan Borland Delphi 3 dirilis ? 
Jawab : Borland Delphi 3, dirilis pada 1997 , adalah Delphi klasik. Hal ini didukung 32-bit lingkungan Windows. Ini juga termasuk Delphi 1 dibundel bersama-sama untuk menciptakan 16-bit 3.1 aplikasi Windows. 

18. Kapan Borland Delphi 4 dirilis ? 
Jawab : Borland Delphi 4 dirilis pada 1998 

19. Kapan Borland Delphi 5 dirilis ? 
Jawab : Borland Delphi 5 dirilis pada 1999 

20. Kapan “Kylix” di rilis ? 
Jawab : Pada tahun 2001 sebuah versi Linux dari Delphi, bernama Kylix , dirilis. 

21. Kapan Borland Delphi 6 dirilis ? 
Jawab : Pada tahun 2002. 

22. Kapan Borland Delphi 7 dirilis ? 
Jawab : Delphi 7, dirilis pada bulan Agustus 2002. 

23. Kapan Borland Delphi 8 dirilis ? 
Jawab : Delphi 8, dirilis Desember 2003. 

24. Rincikan secara singkat tentang Borland Delphi 2005 ? 
Jawab : Delphi 2005 (Delphi 9, juga Borland Developer Studio 3.0), termasuk Win32 dan pengembangan NET. Dalam IDE tunggal, Borland mengulangi komitmen untuk pengembang Win32. Delphi 2005 meliputi manipulasi desain-waktu data langsung dari database. Namun, itu dikritik oleh beberapa untuk bug tersebut; baik Delphi 8 dan Delphi 2005 memiliki masalah stabilitas ketika dikirim, yang hanya sebagian diselesaikan dalam paket layanan. Kemampuan untuk mengkompilasi aplikasi asli windows (*. exe) ditambahkan kembali ke Delphi 2005 setelah dihapus dalam Delphi 8. 

25. Jelaskan secara singkat tentang Borland Delphi 2006 ? 
Jawab : Delphi 10, Borland Developer Studio 4.0, dirilis dan gabungan pengembangan C # dan Delphi.NET, Delphi Win32 dan C + + (Pratinjau ketika ia dikirim tapi punya stabil dalam Service Pack 1) ke dalam IDE tunggal. Ini jauh lebih stabil daripada Delphi 8 atau Delphi 2005 ketika dikirim, dan ditingkatkan bahkan lebih dengan merilis service pack dan hotfix beberapa. CLX dukungan dijatuhkan untuk aplikasi baru dari rilis ini dan seterusnya. 

26. Ceritakan secara singkat tentang Codegear Delphi 2007 ? 
Jawab : Delphi 2007 (Delphi 11), versi pertama oleh CodeGear, dirilis pada tanggal 16 Maret 2007. Kepribadian Win32 dirilis pertama kali, sebelum kepribadian BERSIH Delphi 2007 yang didasarkan pada NET Framework. 2.0. Dirilis sebagai bagian dari produk CodeGear RAD Studio 2007. Fitur baru termasuk dukungan untuk MS Membangun dan perangkat tambahan ke Visual Component Library untuk Windows Vista, tapi C # Builder fitur dijatuhkan dalam rilis ini sebagai tempat penjualan tidak setinggi yang diharapkan karena Visual Studio juga menawarkan C #. 

27. Ceritakan secara singkat tentang Embarcadero Delphi 2009 ? 
Jawab : Delphi 2009 (Delphi 12, kode nama Tiburon), menambahkan banyak fitur baru seperti sepenuhnya ulang dengan VCL dan RTL untuk dukungan Unicode penuh, dan menambahkan generik dan metode anonim untuk pengembangan asli Win32. Dukungan untuk pengembangan NET adalah. Dijatuhkan dari IDE Delphi. Sebuah produk baru, Delphi Prism, adalah ditawarkan untuk pembangunan NET. Di tempatnya. Delphi Prism adalah Visual Studio bahasa plug-in, dan tidak termasuk RTL atau VCL untuk porting kode. 

28. Jelaskan secara singkat tentang Embarcadero Delphi 2010 ? 
Jawab : Delphi 2010 (Delphi alias 14, dengan kode nama Weaver, nomor 13 itu diabaikan), dirilis pada tanggal 25 Agustus 2009 dan merupakan rilis Unicode kedua Delphi. Ini termasuk compiler baru sistem bisa menghentikan , dukungan untuk Windows 7 2D langsung, layar sentuh dan gerakan, sebuah formatter kode sumber, visualizers debugger dan pilihan untuk juga memiliki komponen palet gaya lama dalam IDE. Sistem bisa menghentikan baru membuat executable lebih besar dari versi sebelumnya. 

29. Jelaskan secara singkat tentang Embarcadero Delphi XE 
Jawab : Versi terbaru dari Delphi, Delphi XE (alias Delphi 2011 [9] , dengan kode nama Fulcrum), dirilis pada tanggal 30 Agustus 2010. 

30. Sebutkan kegunaan dari Delphi ? 
Jawab : Sebagaimana yang kita tahu, delphi sangat berguna untuk pembuatan suatu program, tepapi lebih spesifik lagi bahwa kgunaan delphi ternyata sangatlah banyak, diantaranya: 
    1. Untuk membuat aplikasi pada Windows. 
    2. Untuk merancang aplikasi berbasis grafis. 
    3. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server). 
    4. Untuk merancang program .Net (berbasis internet). 

31. Apakah yang di maksud dengan Data Control yang terdapat pada Toolbox? 
Jawab: 
Yang di maksud dengan data control adalah alat pengendali file database pada form 

32. Apakah perbedaan antara Hscollbar dan Vscrollbar ? 
Jawab: 
- Hcsrollbar adalah control penggulung horizontal untuk mengendalikan nilai tertentu 
- Vscrollbar adalah control penggulung vertical untuk mengendalika nilai tertentu 

33. Yang di maksud dengan Drive List Box yang terdapat pada toolbox adalah? 
Jawab: 
Yang di maksud dengan drive list box yaitu drop-down list box yang menampilkan drive yang terdapat pada computer 

34. Bagaimana maksud dari kegunaan Dir List Box? 
Jawab: 
Kegunaan dari dir list box yaitu kotak yang menampilkan struktur directory dari drive yang aktif 

35. Yang di maksud dengan Remove Item index yaitu? 
Jawab: 
Yang di maksud dengan remove item index yaitu membuang item sesuai dengan index 

36. Apa yang di maksud dengan toolbox? 
Jawab: 
Toolbox yaitu kotak yang berisi icon-icon yang memasukkan objek tertentu 

37. Apakah pengertian Project? 
Jawab: 
Project adalah sekumpulan modul atau keseluruhan projek kerja program 

38. Apakah yang di maksud dengan MDifrom? 
Jawab: 
MDIform yaitu pembuatan dan perancangan program menu di dalam visual basic telah ada dan telah di sediakan 

39. Bagaimana cara mengaktifkan MDI from? 
Jawab: 
Cara mengaktifkan MDI form yaitu aktifkan menu project lalu pilih add MDI_form. 

40. Apakah yang di maksud dengan Array? 
Jawab: 
Array yaitu kumpulan dari variable yang memiliki tipe yang sama dan memiliki nama variable yang sam. 

41. Pada saat kapankah array sering di gunakan? 
Jawab: 
Array sering di gunakan apabila adanya pemakaian variable yang cukup banyak dan biasanya erring di pakai dalam perhitungan program matrik 

42. Bagaimanakah langkah langakah untuk mem buat module sendiri? 
Jawab: 
Cara mebuat module sendiri yaitu aktifkan perintah project pada visual basic,lalu pilih add module selanjutnya kita dapat mengisi kode program dalam modul tersebut 

43. Apakah kegunaan dari Directory List Box? 
Jawab: 
Kegunaan dari directory list box adalah untuk menampilkan informasi semua sub directory atau folder yang terdapat pada drive yang aktif. 

44. Apakah kegunaan dari File list Box? 
Jawab: 
Kegunaan dari file list box yaitu untuk menampilkan informasi file yang terdapat pada drive dan sub directory yang aktif. 

45. Apakah yang di maksud dengan Apply path? 
Jawab: 
Yang di maksud denga apply path adalah tempat menentukan dimana letak drive dan directory program yang aktif. 

46. Bagaimanakah cara mengaktifkan common dialog yang dimana kita mampu membuka,memperbaiki dan menyimpan sebuah file? 
Jawab: 
Cara mengaktifkan common dialog yaitu aktifkan menu project, pilih components lalu aktifkan mocrosoft common dialog. 

47. Biasanya control timer digunakan untuk apa? 
Jawab: 
Control timer biasanya di gunakan untuk menjalankan event timer pada suatu jangka waktu tertentu pada visual basic 

48. Apakah pengertian dari Sub Procedure? 
Jawab: 
Yang di maksud dengan sub procedure yaitu sekumpulan program yang melakukan tugas tertentu,biasanya merupakan bagian program atau anak program utama yang nantinya dapat di panggil berulang ulang dalam melaksanakan proses program. 

49. Apakah perbedaan antara sub procedure dan Fuction? 
Jawab: 
Perbedaaan antara sub procedure dan function yaitu function mengembalikan nilai variable sedang kan sub procedure tidak. 

50. Apakah perintah untuk memanggil Sub Procedure? 
Jawab: 
Perintah untuk memanggil sub procedure adalah CALL Name(argumentlist).



sekian..
Semoga bermanfaat ^_^
Salam Mahasiswa..


Comments

Popular Posts